Kelezatan Kuliner Solo: Sebuah Perjalanan Rasa yang Tak Terlupakan

Rini Diana Wati

Solo, atau Surakarta, adalah kota yang kaya akan warisan budaya, termasuk dalam hal kuliner. Berikut adalah beberapa hidangan khas Solo yang terkenal, yang akan memanjakan lidah dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah hidangan yang sangat terkenal di Solo. Beras pulen disajikan dengan ayam suwir, telur rebus, sambal goreng hati, dan kuah santan kental yang gurih. Hidangan ini biasanya disantap dengan lauk tambahan seperti telur pindang dan sayur labu siam.

Tengkleng

Tengkleng adalah sup tulang kambing yang kaya rempah. Kuahnya yang kuning dan rasa yang gurih menjadikannya favorit banyak orang. Tengkleng biasanya disajikan dengan nasi hangat atau roti.

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker adalah variasi gudeg yang unik dari Solo. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta, gudeg Solo menggunakan ceker ayam sebagai bintangnya. Gudeg Ceker ini bisa ditemukan di sekitar Jalan Monginsidi dan sering habis terjual sebelum matahari terbit.

Bakmi Ketoprak

Meskipun namanya mirip dengan makanan khas Betawi, Bakmi Ketoprak Solo adalah hidangan yang terbuat dari mie, bihun, dan sayuran, disajikan dengan irisan daging dan bumbu khusus. Hidangan ini cocok sebagai alternatif kuliner saat berkunjung ke Solo.

Selat Solo

Selat Solo adalah hidangan yang terinspirasi dari steak Barat. Terdiri dari daging sapi, sayuran, dan telur, disajikan dengan kuah coklat yang khas. Modifikasi ini menciptakan rasa yang unik dan cocok dengan selera lokal.

Tongseng

Tongseng adalah hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa. Berbeda dengan Tengkleng, Tongseng menggunakan potongan daging kambing yang lebih kecil dan kuah berwarna oranye atau kuning. Rasanya yang kaya akan membuat Anda ketagihan.

BACA JUGA  Keindahan Tersembunyi di Bali: Double Six Beach Club

Kuliner Solo adalah cerminan dari sejarah dan kebudayaan kota ini. Setiap hidangan memiliki cerita dan tradisi yang mendalam. Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kekayaan rasa yang ditawarkan oleh kota yang mempesona ini.

: 10 Famous foods from the city of Solo, Indonesia – Medium

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer