Kelezatan Kuliner Kupang: Ragam Makanan Khas NTT yang Menggugah Selera

Rini Diana Wati

Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Kupang yang wajib Anda coba:

Jagung Bose

Jagung Bose adalah hidangan tradisional yang menggunakan jagung sebagai bahan utama. Jagung kering ditumbuk kasar dan direbus bersama santan dan kacang-kacangan, menciptakan hidangan dengan tekstur lembut yang mengingatkan pada bubur.

Jagung Titi

Jagung Titi adalah camilan ringan yang terbuat dari biji jagung putih yang disangrai dan dipipihkan hingga menyerupai emping. Camilan ini sering disajikan bersama kenari kering atau kacang tanah untuk menambah rasa gurih.

Se’i

Se’i atau sei sapi adalah menu daging asap yang populer di Kupang. Daging sapi atau babi dimarinasi dan diasapkan, menghasilkan rasa yang khas dan lezat.

Karmanaci

Karmanaci adalah lauk pauk yang terbuat dari daging sapi yang dicincang atau diiris tipis, diramu dengan rempah-rempah, dan direbus bersama kecap manis. Rasanya yang asin-manis membuatnya cocok dikombinasikan dengan nasi hangat.

Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi adalah varian ubi yang lembut, manis, dan harum. Di Kupang, ubi ini sering dijadikan pengganti nasi dan dinikmati bersama ikan asin dan sambal goreng.

Kolo

Kolo adalah olahan beras yang dimasak dalam batang bambu. Mirip dengan nasi bakar, Kolo biasanya disajikan saat acara Adat Penti, syukuran menyambut musim panen.

Kuliner Kupang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi lokal. Setiap hidangan memiliki cerita dan filosofi yang mendalam, sekaligus menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memuaskan. Jadi, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Kupang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan makanan-makanan ini.

BACA JUGA  Kereta Luxury Bandung Jogja: Perjalanan Mewah di Rel Indonesia

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer