Kelezatan Kuliner Jawa Barat: 10 Hidangan Ikonik

Hendry Juanda

Jawa Barat, sebuah provinsi di Indonesia, dikenal dengan kekayaan kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Berikut adalah sepuluh makanan khas Jawa Barat yang wajib Anda coba:

1. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, memberikan aroma khas yang menggoda. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal.

2. Batagor

Batagor (Bakso Tahu Goreng) adalah kombinasi dari bakso ikan dan tahu yang digoreng hingga renyah, disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa.

3. Oncom

Oncom adalah salah satu jenis makanan fermentasi khas Sunda yang terbuat dari ampas tahu atau tempe yang difermentasi.

4. Karedok

Karedok menawarkan sensasi segar dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, dan kol, yang disiram dengan bumbu kacang pedas.

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan, serai, dan daun salam, sering kali disajikan dengan ayam suwir dan areh, saus kelapa kental.

6. Bakakak Ayam

Bakakak Ayam adalah ayam utuh yang dibumbui dan dipanggang dengan sempurna, memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang lezat.

7. Mie Kocok

Mie Kocok adalah hidangan mie dengan kuah kaldu sapi yang kaya, disertai dengan kikil, tauge, dan perasan jeruk nipis.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah khas dan dibakar, disajikan dengan sambal tomat yang unik.

9. Serabi

Serabi adalah pancake tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, dan sering kali ditambahkan dengan topping seperti pisang atau keju.

BACA JUGA  Pesona Wisata Kulon Progo: Keindahan Tersembunyi di Yogyakarta

10. Es Doger

Es Doger adalah minuman dingin yang menyegarkan, terbuat dari santan, es serut, dan campuran buah serta sirup merah muda.

Kuliner Jawa Barat menawarkan berbagai rasa yang kaya dan tekstur yang beragam, mencerminkan keberagaman budaya dan tradisi daerah ini. Dari yang gurih hingga manis, setiap hidangan memiliki keunikan yang membuatnya layak untuk dicicipi. Selamat menikmati kelezatan kuliner Jawa Barat!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer