Kelezatan Berbeda: Kurma Sukari vs Ruthob

Rini Diana Wati

Kurma, buah manis yang seringkali menjadi bintang di bulan Ramadan, memiliki berbagai jenis dengan ciri khas tersendiri. Dua jenis yang sering dibandingkan adalah kurma sukari dan ruthob. Mari kita jelajahi perbedaan mereka secara mendetail.

Apa Itu Kurma Sukari?

Kurma sukari, atau sering disebut sebagai "Ratu Kurma," berasal dari kata Arab "sukkar" yang berarti gula. Ini mengacu pada rasa manis alami yang menjadi ciri khas kurma ini. Kurma sukari terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa manis yang meleleh di mulut, membuatnya menjadi favorit banyak orang, termasuk para raja Arab.

Ciri Khas Kurma Sukari

  • Warna: Cokelat terang keemasan, menyerupai karamel.
  • Tekstur: Lembut dan meleleh di mulut saat dikonsumsi.
  • Rasa: Manis intens, sering dianggap sebagai salah satu kurma termanis.
  • Kematangan: Merupakan jenis kurma basah atau ruthob dengan tingkat kematangan yang pas.

Apa Itu Kurma Ruthob?

Kurma ruthob adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kurma dalam tahap kematangan tertentu. Ruthob berarti kurma yang telah matang namun masih memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga teksturnya lebih juicy dan sedikit renyah dibandingkan dengan kurma tamr yang sudah kering.

Ciri Khas Kurma Ruthob

  • Warna: Bervariasi tergantung varietas, umumnya kecoklatan atau kehitaman.
  • Tekstur: Juicy dan sedikit renyah.
  • Rasa: Manis namun tidak seintens kurma sukari.
  • Kematangan: Tingkat kematangan kurma ruthob lebih rendah dibanding kurma tamr, memerlukan penanganan khusus untuk mencegah fermentasi.

Perbedaan Utama

Meskipun kurma sukari juga merupakan jenis kurma ruthob, perbedaan utama antara kurma sukari dan ruthob lainnya terletak pada rasa dan tekstur. Kurma sukari memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang sangat lembut, sedangkan kurma ruthob lainnya mungkin tidak seintens dalam rasa dan lebih renyah.

BACA JUGA  Ciri-Ciri Terkena Kutu Air

Kesimpulan

Kurma sukari dan ruthob menawarkan pengalaman rasa yang berbeda. Kurma sukari adalah pilihan tepat bagi Anda yang mencari rasa manis yang kaya dan tekstur lembut yang meleleh di mulut. Sementara itu, kurma ruthob cocok bagi yang menyukai kurma dengan tekstur lebih juicy dan rasa manis yang lebih ringan.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat memilih jenis kurma yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda saat berbuka puasa atau menikmati camilan sehat. Selamat menikmati kelezatan kurma!

: mybest
: Kompas
: Kompas Travel

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer