Keindahan Tersembunyi di Jawa Timur: Taman Nasional Baluran

Rini Diana Wati

Taman Nasional Baluran adalah permata tersembunyi di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Dikenal sebagai "Afrika van Java", taman nasional ini menawarkan pengalaman safari yang unik dengan lanskap savana yang luas dan beragam kehidupan liar.

Sejarah dan Konservasi

Berdiri sejak tahun 1980, Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25.000 hektar. Awalnya, kawasan ini ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 1930 dan kemudian diubah statusnya menjadi suaka margasatwa pada tahun 1937. Taman ini merupakan bagian penting dari upaya konservasi di Indonesia, melindungi berbagai spesies flora dan fauna yang langka dan endemik.

Ekosistem dan Biodiversitas

Baluran menyuguhkan berbagai tipe ekosistem, mulai dari savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, hingga hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Vegetasi sabana mendominasi sekitar 40% dari total luas lahan, memberikan habitat yang ideal bagi satwa seperti banteng, rusa, macan tutul, berbagai jenis burung, dan banyak lagi.

Wisata dan Aktivitas

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di Taman Nasional Baluran, seperti trekking, bird watching, dan tentu saja, safari foto. Salah satu spot terkenal adalah Pantai Bama, tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbit atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Fasilitas dan Akomodasi

Taman Nasional Baluran menyediakan informasi lengkap mengenai akomodasi, baik di dalam maupun di luar area taman. Pengunjung dapat memilih berbagai jenis penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Upaya Konservasi Terkini

Taman Nasional Baluran terus berupaya dalam pelestarian lingkungan. Baru-baru ini, mereka bekerja sama dengan BRI dalam program BRI Peduli TJSL untuk mendukung kegiatan konservasi. Selain itu, taman ini juga secara rutin melakukan patroli untuk melindungi area dari perburuan liar dan aktivitas ilegal lainnya.

BACA JUGA  Yangko: Warisan Kuliner Khas Yogyakarta

Kunjungi Taman Nasional Baluran

Jika Anda berencana mengunjungi Taman Nasional Baluran, pastikan untuk memeriksa situs web resmi mereka untuk informasi terbaru mengenai biaya masuk, peta, dan berita terkini. Nikmati keajaiban alam yang ditawarkan oleh taman nasional ini dan berkontribusi pada upaya konservasi yang berkelanjutan.

: Situs Resmi Taman Nasional Baluran
: Wikipedia – Taman Nasional Baluran

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer