Keindahan Arsitektur Masjid Sheikh Zayed

Rini Diana Wati

Masjid Sheikh Zayed, yang terletak di Abu Dhabi, merupakan salah satu masjid terbesar dan paling megah di dunia. Dengan desain yang memadukan berbagai gaya arsitektur Islam, masjid ini menjadi simbol toleransi dan keragaman budaya di Uni Emirat Arab.

Sejarah dan Arsitektur

Dibangun antara tahun 1996 dan 2007, Masjid Sheikh Zayed dirancang oleh arsitek Yusef Abdelki dan dibangun dengan biaya sekitar 2 miliar dirham (sekitar $545 juta). Masjid ini dinamai untuk menghormati pendiri UEA, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang makamnya juga terletak di sini.

Fitur Utama:

  • 82 Kubah: Terdapat 82 kubah dengan tujuh ukuran berbeda, yang menampilkan keindahan arsitektur Timur Tengah.
  • Kolom: Lebih dari 1.000 kolom yang dihiasi dengan batu semi-berharga seperti lapis lazuli, amethyst, dan mutiara.
  • Karpet: Di dalamnya terdapat karpet buatan tangan terbesar di dunia.
  • Kapasitas: Mampu menampung lebih dari 40.000 jemaah.

Kunjungan dan Budaya

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga pusat pendidikan dan budaya. Dengan lebih dari 67 juta pengunjung, masjid ini menawarkan tur yang memperkenalkan sejarah seni dan arsitektur Islam.

Kesimpulan

Masjid Sheikh Zayed adalah mahakarya arsitektur yang menggabungkan keindahan dan spiritualitas. Keunikan desainnya dan perhatian terhadap detail menjadikannya salah satu landmark paling terkenal di dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Masjid Sheikh Zayed atau halaman Wikipedia yang menyediakan detail lebih mendalam.

BACA JUGA  Harmoni Akustik: Memilih Lagu yang Sempurna untuk Suasana Hati Anda

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer