Keindahan Arsitektur Masjid di Indonesia

Hendry Juanda

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki berbagai masjid yang tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga kaya akan nilai sejarah dan budaya. Berikut adalah beberapa masjid yang menonjol karena keindahan dan keunikan arsitekturnya:

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Terletak di jantung Provinsi Aceh yang diperintah syariah, masjid ini selamat dari tsunami dahsyat tahun 2004 dan menjadi tempat perlindungan bagi ribuan pengungsi. Setelah renovasi, masjid ini dibuka kembali pada tahun 2017, mempertahankan desain aslinya dengan kubah besar dan fasad monokromatik yang elegan.

Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal adalah salah satu landmark terpenting di Indonesia dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Dibangun sebagai manifestasi rasa syukur atas kemerdekaan bangsa, arsitekturnya yang megah penuh dengan simbol budaya dan sejarah.

Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Dikenal juga sebagai Masjid Kubah Emas, masjid ini memiliki lima kubah yang dilapisi emas dan merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid Al-Akbar, Surabaya

Juga dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya, ini adalah masjid terbesar ketiga di Indonesia. Masjid ini memiliki 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati berkualitas dan kubah berwarna biru-hijau yang menenangkan.

Masjid Al-Irsyad, Bandung

Dengan desain futuristik minimalis, masjid ini mungkin tidak terlihat seperti masjid umum pada pandangan pertama. Namun, arsitekturnya yang unik menjadikannya salah satu masjid paling menarik di Indonesia.

Keberadaan masjid-masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai simbol keharmonisan dan keindahan yang dapat dinikmati oleh semua orang, terlepas dari latar belakang agama atau budaya mereka. Kecantikan masjid di Indonesia adalah bukti dari kekayaan tradisi dan seni arsitektur yang telah berkembang selama berabad-abad.

BACA JUGA  Wisata di Dago Bandung: Keindahan yang Tak Lekang oleh Waktu

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer