Keajaiban Geologi di Jantung Bandung: Museum Geologi

Rini Diana Wati

Museum Geologi Bandung adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang tidak hanya menarik bagi para pecinta ilmu pengetahuan, tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih dalam tentang kekayaan geologis Indonesia. Berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, museum ini menyimpan koleksi yang mengagumkan dan memiliki sejarah yang panjang.

Sejarah Singkat

Didirikan pada tanggal 16 Mei 1929, Museum Geologi Bandung merupakan inisiatif dari Dienst van den Mijnbouw, Dinas Pertambangan pada masa Hindia Belanda. Gedung museum yang bergaya Art Deco ini dirancang oleh Ir. Menalda van Schouwenburg dan dibangun dengan biaya sekitar 400 gulden. Selama Perang Dunia II, gedung ini sempat dijadikan markas Angkatan Udara oleh pemerintah Hindia Belanda dan mengalami beberapa kali perubahan pengelolaan hingga akhirnya berada di bawah pengelolaan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.

Koleksi dan Pembagian Ruang

Museum Geologi Bandung memiliki koleksi yang terdiri dari fosil, batuan, dan mineral yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850. Koleksi ini merupakan hasil dari kerja lapangan yang dilakukan di seluruh Indonesia, mencerminkan kekayaan geologis yang dimiliki oleh negara ini.

Lantai I

Di lantai pertama, pengunjung akan disambut dengan tiga ruangan utama yang menampilkan berbagai materi geologi. Setiap ruangan diatur secara tematik untuk memberikan pengalaman yang mendidik sekaligus menyenangkan.

Lantai II

Lantai kedua museum ini juga tidak kalah menarik dengan ruangan-ruangan yang didesain khusus untuk memperdalam pengetahuan geologi pengunjung.

Jam Buka dan Harga Tiket

Museum Geologi Bandung buka setiap hari kecuali hari Senin, Jumat, dan Libur Nasional. Informasi lebih lanjut mengenai jam buka dan harga tiket dapat diperoleh melalui situs resmi atau kontak museum.

BACA JUGA  One Day Tour Nusa Lembongan: Sebuah Pengalaman Tak Terlupakan

Museum Geologi Bandung tidak hanya menjadi saksi bisu perkembangan ilmu geologi di Indonesia, tetapi juga menjadi tempat pembelajaran yang berharga bagi generasi saat ini dan yang akan datang. Kunjungan ke museum ini akan memberikan wawasan yang luas tentang kekayaan alam dan sejarah geologis Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer