Keajaiban Candi Gedong Songo di Lereng Gunung Ungaran

Rini Diana Wati

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi Hindu yang terletak di dekat Bandungan, Kabupaten Semarang, di Jawa Tengah, Indonesia. Dibangun antara abad ke-8 dan ke-9, kompleks ini terdiri dari sembilan candi yang tersebar di lereng bukit setinggi 1,270 meter di dekat Gunung Ungaran.

Sejarah dan Arsitektur

Candi-candi ini didirikan selama periode awal Kerajaan Mataram di Jawa Tengah. Mirip dengan candi-candi di Dataran Tinggi Dieng, Candi Gedong Songo dibangun dari batu vulkanik dan merupakan beberapa struktur Hindu tertua di Jawa. Menurut beberapa sumber, candi ini dibangun pada abad ke-9, sekitar seratus tahun setelah fase III candi Jawa seperti Candi Arjuna, Sewu, Semar, Lumbung, dan lainnya.

Struktur Kompleks

Kompleks Candi Gedong Songo terdiri dari lima kelompok candi – dua di sisi timur bukit, dua ke arah utara, dan satu ke barat. Keseluruhan sembilan candi ini didedikasikan untuk dewa Shiva dan Parvati.

Pengaruh Arsitektur

Arsitektur Candi Gedong Songo mencerminkan kesamaan dengan candi-candi di Dataran Tinggi Dieng, meskipun memiliki variasi bentuk yang lebih sedikit. Candi Gedong Songo menampilkan penekanan yang lebih besar pada cetakan alas dan kornis. Di Candi Gedong Songo III, sebuah pintu masuk dihiasi dengan ruang antara yang dihiasi oleh figur penjaga.

Kunjungan dan Wisata

Candi Gedong Songo dapat dikunjungi dengan berjalan kaki mengikuti jalur batu atau dengan berkuda. Pemandangan dari kompleks ini sangat memukau, terutama ketika cuaca cerah, memberikan pandangan yang luas atas lembah di bawahnya.

Perbandingan dengan Candi Dieng

Berikut adalah tabel perbandingan antara Candi Gedong Songo dan Candi Dieng:

BACA JUGA  Tanda Lahir Hitam di Wajah: Sebuah Tinjauan Mendalam
Aspek Candi Gedong Songo Candi Dieng
Lokasi Lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
Periode Pembangunan Abad ke-8 hingga ke-9 Sekitar abad ke-7 hingga ke-8
Dedikasi Dewa Shiva dan Parvati Berbagai dewa Hindu
Arsitektur Lebih sedikit variasi bentuk, penekanan pada cetakan alas dan kornis Variasi bentuk yang lebih banyak, arsitektur khas Jawa Tengah
Pengalaman Wisata Opsi berkuda, pemandangan lembah Berjalan kaki, pemandangan pegunungan

Candi Gedong Songo adalah salah satu dari 110 situs di Jawa Tengah dengan struktur atau sisa-sisa candi Hindu, dan salah satu dari 21 di area Semarang, menurut Veronique Degroot. Ini adalah bagian penting dari warisan budaya Indonesia dan menawarkan wawasan yang mendalam tentang sejarah dan arsitektur Hindu di Jawa..

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer