Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia: Keindahan yang Tak Ternilai

Rini Diana Wati

Memelihara ikan hias air tawar telah menjadi hobi yang populer di seluruh dunia. Bagi banyak orang, akuarium bukan hanya tentang estetika atau hobi, tetapi juga tentang prestise dan kekayaan. Dalam artikel ini, kita akan menyelami dunia ikan hias air tawar termahal, mengungkap spesies yang paling dihargai, dan mengeksplorasi apa yang membuat mereka begitu istimewa.

Ikan Koi Jepang: Simbol Kemakmuran yang Berharga Miliaran

Ikan koi adalah salah satu ikan hias air tawar yang paling terkenal dan termahal di dunia. Di Jepang, ikan koi dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan. Harga ikan koi bisa sangat bervariasi, tergantung pada warna, pola, dan garis keturunan. Sebagai contoh, ikan koi Kohaku terjual dengan harga fantastis sekitar Rp26 miliar.

Arwana Platinum: Permata Langka dari Asia

Arwana platinum adalah salah satu ikan hias air tawar termahal yang pernah ada. Ikan ini memiliki tubuh yang besar dengan sisik metalik yang menawan dan gigi yang mengarah ke atas. Harga untuk satu ekor Arwana Platinum bisa mencapai $400 ribu atau sekitar Rp5,6 miliar.

Ikan Pari Polkadot: Keunikan dari Amazon

Ikan pari polkadot adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan lingkaran kecil putih di permukaannya. Meskipun harganya mencapai Rp1,4 miliar per ekor, ikan pari polkadot tetap menjadi incaran para kolektor.

BACA JUGA  Wisata Jawa Tengah Semarang: Pesona Keindahan yang Tak Terlupakan

Angelfish: Keindahan Tropis di Akuarium Anda

Angelfish adalah keluarga ikan hias yang berasal dari perairan Amazon, Columbia, dan Peru. Spesies yang paling mahal adalah Peppermint Angelfish, yang harganya bisa mencapai $30 ribu atau sekitar Rp426 juta.

Ikan Aligator Gar: Predator Prasejarah

Ikan Aligator Gar adalah ikan predator yang berasal dari Amerika. Meskipun peredarannya tidak legal, ikan ini tetap dicari oleh kolektor dan harganya bisa mencapai Rp100 juta per ekor.

Channa Barca: Gabus Eksotis dari India

Channa Barca atau ikan gabus berasal dari sungai Brahmaputra di India. Keberadaannya yang jarang membuat harga jualnya bisa mencapai Rp20-50 juta per ekor.


Berikut adalah tabel yang merangkum beberapa ikan hias air tawar termahal di dunia:

Nama Ikan Asal Harga (IDR)
Ikan Koi Jepang Asia > 1 Miliar
Arwana Platinum Asia ~ 5,6 Miliar
Ikan Pari Polkadot Amazon ~ 1,4 Miliar
Peppermint Angelfish Amazon ~ 426 Juta
Ikan Aligator Gar Amerika ~ 100 Juta
Channa Barca India 20-50 Juta

Kesimpulannya, ikan hias air tawar termahal di dunia menawarkan lebih dari sekadar keindahan visual; mereka adalah simbol status dan kekayaan. Dengan harga yang bisa mencapai miliaran rupiah, ikan-ikan ini memang bukan untuk semua orang, tetapi bagi para kolektor dan penggemar, mereka adalah harta yang tak ternilai.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer