Fenomena Telinga Berdenging: Antara Mitos dan Medis

Rini Diana Wati

Telinga berdenging, atau dalam istilah medis dikenal sebagai tinnitus, adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara tanpa adanya stimulus eksternal. Suara ini bisa berupa dengungan, siulan, atau deringan yang bisa terjadi secara sporadis atau terus-menerus. Meskipun sering dianggap sepele, fenomena ini sebenarnya bisa menjadi indikator dari berbagai kondisi kesehatan.

Mitos dan Primbon Jawa

Dalam kepercayaan tradisional Jawa, telinga berdenging sering dikaitkan dengan pertanda atau firasat. Primbon Jawa, sebagai salah satu referensi budaya, mencatat berbagai arti di balik fenomena ini berdasarkan waktu dan sisi telinga yang berdenging. Misalnya, telinga kiri yang berdenging pada jam tertentu bisa berarti akan ada kabar duka, sedangkan telinga kanan berdenging bisa menandakan akan ada kabar gembira.

Penjelasan Medis

Secara medis, tinnitus bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi lain. Beberapa penyebab umum termasuk cedera pada telinga, gangguan pada sistem sirkulasi, atau kehilangan pendengaran yang berkaitan dengan usia. Tinnitus juga bisa disebabkan oleh paparan suara keras yang berkepanjangan, infeksi telinga, atau bahkan stres.

Pengobatan dan Penanganan

Pengobatan tinnitus tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, mengatasi masalah tersebut bisa meredakan tinnitus. Terapi suara dan penggunaan alat bantu dengar juga bisa membantu dalam beberapa kasus.

Kesimpulan

Meskipun sering dihubungkan dengan mitos dan tanda-tanda, penting untuk memahami bahwa telinga berdenging adalah fenomena yang memiliki dasar medis. Jika Anda mengalami tinnitus, konsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

: Primbon Jawa dan Arti Telinga Berdenging
: Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa dan Medis
: Tinnitus – Penyebab dan Pengobatan
: Berdenging – Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati
: Penyebab Telinga Berdengung dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA  Pesona Tersembunyi Bandung: Keindahan Alam di Harga Terjangkau

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer