Coldplay: Dari Ruang Latihan Universitas ke Panggung Dunia

Rini Diana Wati

Coldplay adalah band rock alternatif yang terkenal di seluruh dunia, berasal dari London, Inggris. Band ini dibentuk pada tahun 1996-1997 di University College London (UCL) ketika Chris Martin dan Jonny Buckland memutuskan untuk membentuk sebuah band. Mereka awalnya dikenal dengan nama Big Fat Noises dan Starfish sebelum akhirnya menetap pada nama Coldplay.

Awal Mula dan Kesuksesan

Setelah merilis EP independen mereka yang berjudul ‘Safety’ pada tahun 1998, Coldplay menandatangani kontrak dengan label Parlophone pada tahun 1999. Album debut mereka, ‘Parachutes’, dirilis pada tahun 2000 dan mencakup single terobosan mereka "Yellow". Album ini mendapatkan penghargaan Brit Award untuk Album Britania Terbaik, Grammy Award untuk Album Musik Alternatif Terbaik, dan nominasi Mercury Prize.

Diskografi dan Penghargaan

Dengan album kedua mereka, ‘A Rush of Blood to the Head’ (2002), Coldplay memenangkan penghargaan yang sama dan termasuk single "Clocks", yang memenangkan Grammy Award untuk Rekaman Tahun Ini. Album ketiga mereka, ‘X&Y’ (2005), yang dianggap sebagai bagian dari trilogi, dinominasikan untuk Grammy Award untuk Album Rock Terbaik.

Album keempat mereka, ‘Viva la Vida or Death and All His Friends’ (2008), memenangkan Best Rock Album. Kedua album tersebut merupakan album terlaris di tahun masing-masing, menduduki puncak tangga lagu di lebih dari 30 negara.

Eksplorasi Musikal dan Konser

Coldplay terus mendiversifikasi suara mereka melalui lima album studio berikutnya, dengan yang terbaru adalah ‘Music of the Spheres’ (2021). Setiap album menampilkan tema unik dan menambahkan gaya musik baru ke repertoar asli band, termasuk elektronika, ambient, pop, R&B, klasik, dan rock progresif.

BACA JUGA  Mengatasi Bayang-Bayang Kekuasaan: Memahami Post Power Syndrome

Mereka juga dikenal dengan penampilan langsung yang "euforik" dan "memukau", yang menurut NME adalah saat band "hidup dan paling masuk akal".

Warisan dan Pengaruh

Dengan penjualan album lebih dari 100 juta di seluruh dunia, Coldplay termasuk dalam daftar artis musik terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2014, Fuse menempatkan mereka sebagai grup paling banyak mendapatkan penghargaan dalam sejarah, termasuk memiliki kemenangan Brit Award terbanyak oleh sebuah band.

Coldplay memiliki tiga dari 50 album terlaris di Inggris dan album nomor satu terbanyak di negara tersebut tanpa meleset dari puncak (sembilan). Pada tahun 2021, "My Universe" membuat mereka menjadi grup Inggris pertama yang debut di puncak Billboard Hot 100. Coldplay juga memiliki dua dari 15 tur dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, sementara British Phonographic Industry mengakui band ini sebagai "salah satu tindakan paling berpengaruh dan perintis di planet ini".


: Sumber: Wikipedia
: Sumber: Britannica
: Sumber: Simple English Wikipedia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer