Coffee Beer: Antara Kenikmatan dan Kehalalan

Rini Diana Wati

Ketika mendengar istilah "coffee beer", mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah minuman ini halal untuk dikonsumsi, terutama oleh umat Muslim yang memegang teguh prinsip kehalalan dalam setiap aspek kehidupan mereka, termasuk dalam konsumsi makanan dan minuman. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang coffee beer, mulai dari asal-usulnya, komposisi bahan, hingga pertanyaan utama: halal atau tidakkah coffee beer?

Asal-Usul Coffee Beer

Coffee beer merupakan inovasi minuman yang menggabungkan dua elemen yang banyak digemari: kopi dan sensasi menyegarkan dari soda. Minuman ini berasal dari Jombang, Jawa Timur, dan telah menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Komposisi Coffee Beer

Secara umum, coffee beer dibuat dari campuran ekstrak biji kopi, karamel, dan soda berkarbonasi. Kombinasi ini menghasilkan sensasi menyegat yang mirip dengan bir, namun tanpa kandungan alkohol. Oleh karena itu, penamaan "beer" dalam coffee beer lebih merujuk pada tekstur dan sensasi yang dihasilkan oleh soda dalam minuman ini.

Kehalalan Coffee Beer

Pertanyaan tentang kehalalan coffee beer seringkali muncul karena adanya kata "beer" yang biasanya diasosiasikan dengan minuman beralkohol. Namun, berdasarkan informasi yang tersedia, coffee beer tidak mengandung alkohol dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM, yang menandakan bahwa minuman ini aman dan halal untuk dikonsumsi. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa coffee beer dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk anak-anak dengan pengawasan orang tua.

Namun, ada juga sumber yang menyatakan bahwa coffee beer mengandung alkohol, meskipun tidak sebanyak bir biasa, sehingga tidak halal untuk dikonsumsi. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan informasi yang bisa menimbulkan kebingungan.

BACA JUGA  Penjelasan Baju Adat Bali

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, tampaknya ada perbedaan pendapat mengenai kehalalan coffee beer. Untuk itu, sangat penting bagi konsumen, terutama umat Muslim, untuk melakukan penelitian dan verifikasi lebih lanjut sebelum memutuskan untuk mengonsumsi minuman ini. Memeriksa label produk, mencari informasi dari sumber yang terpercaya, dan berkonsultasi dengan otoritas keagamaan dapat menjadi langkah yang bijaksana dalam menentukan kehalalan suatu produk.

Coffee beer, dengan segala keunikan dan kontroversinya, tetap menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Apakah Anda sudah mencoba minuman ini? Atau apakah Anda masih ragu dengan status kehalalannya? Bagaimanapun, keputusan ada di tangan Anda sebagai konsumen yang cerdas dan bertanggung jawab.

: SuperApp.id
: detikFood
: Caramantap.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer