Bika Ambon Ati: Rasa Autentik Sumatera di Hati Medan

Rini Diana Wati

Bika Ambon Ati adalah salah satu ikon kuliner kota Medan yang telah memikat hati para penikmat kue tradisional sejak tahun 1978. Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang khas, Bika Ambon Ati tidak hanya menjadi favorit masyarakat lokal tetapi juga para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara.

Sejarah dan Asal-Usul

Bika Ambon adalah kue tradisional yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Meskipun namanya mengandung kata "Ambon", kue ini tidak berasal dari Ambon, Maluku, melainkan dari Medan. Ada beberapa teori tentang asal-usul nama "Ambon" dalam Bika Ambon, salah satunya adalah bahwa kue ini pertama kali populer di simpang Jl. Ambon-Sei Kera Medan.

Komposisi dan Variasi Rasa

Bika Ambon Ati terbuat dari bahan-bahan seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Kue ini dimasak selama 12 jam untuk mencapai tekstur yang sempurna. Selain rasa original, Bika Ambon Ati juga tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pandan, cokelat, keju, dan lain-lain.

Tempat Pembelian

Bika Ambon Ati dapat ditemukan di Jalan Majapahit, No. 11J, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan. Toko ini buka setiap hari dari jam 08.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Tabel Toko Bika Ambon di Medan

Nama Toko Alamat Jam Operasional Varian Rasa
Bika Ambon Ati Jl. Majapahit, No. 11J, Petisah Tengah 08.30 – 21.00 WIB Original, Pandan, Cokelat, Keju
Bika Ambon Zulaikha Jl. Mojopahit, No. 62 08.00 – 20.00 WIB Keju, Pandan Keju, Original, Moka

Kesimpulan

Bika Ambon Ati telah menjadi bagian dari warisan kuliner Medan yang tak terpisahkan. Dengan rasa yang autentik dan variasi yang beragam, kue ini layak menjadi oleh-oleh yang membawa kenangan manis dari kota Medan.

BACA JUGA  Cikao Park Purwakarta: Destinasi Wisata Keluarga dengan Tiket Terjangkau

: 5 Bika Ambon Medan yang Enak & Cocok Dijadikan Oleh – Oleh – SEPUTARKOTA
: Bika ambon – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer