Berau: Permata Tersembunyi di Kalimantan Timur

Rini Diana Wati

Kabupaten Berau, terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, adalah sebuah daerah yang kaya akan sejarah dan keindahan alam. Dengan ibu kota di Tanjung Redeb, Berau menawarkan potensi wisata bawah laut yang mendunia dan sejarah yang kental dengan tradisi Kesultanan Berau yang didirikan sekitar abad ke-14.

Geografi dan Demografi

Berau memiliki luas wilayah 36.962,37 km² dan jumlah penduduk sekitar 280.998 orang pada akhir 2023, dengan kepadatan penduduk 8 jiwa/km². Wilayahnya terdiri dari daratan dan lautan, termasuk 52 pulau besar dan kecil.

Sejarah

Kesultanan Berau, yang berdiri sejak abad ke-14, memiliki pengaruh signifikan dalam sejarah daerah ini. Raja pertama, Aji Raden Suryanata Kesuma, dikenang karena kepemimpinannya yang adil dan bijaksana.

Potensi Wisata

Berau dikenal dengan wisata bawah lautnya yang menakjubkan, seperti di Teluk Sumbang, yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Selain itu, keberadaan gugusan bukit kapur di Kecamatan Kelay menambah keunikan geografis daerah ini.

Ekonomi dan Pembangunan

Ekonomi Berau didukung oleh sumber daya alamnya, termasuk pertambangan batu bara dan potensi laut yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan mata pencaharian penduduk pesisir.

Berau terus berkembang sebagai pintu gerbang pembangunan di Kalimantan Timur, dengan semangat ‘Sanggam’ yang berarti sehat, anggun, bergairah, aman, dan manusiawi.


Berau, dengan segala potensi dan keindahannya, merupakan destinasi yang layak untuk dikunjungi dan dijelajahi lebih lanjut. Sebagai kabupaten yang terus berupaya memajukan diri, Berau tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah tetapi juga peluang ekonomi yang menjanjikan bagi masa depan yang lebih cerah.

: Wikipedia bahasa Indonesia – Kabupaten Berau
: Kompas.com – 8 Fakta Berau
: Website Pemerintah Kabupaten Berau – Kalimantan Timur
: Potensi Daerah Kabupaten Berau – kaltimprov.go.id

BACA JUGA  Menyelam ke Surga Bawah Laut: Petualangan Snorkeling di Nusa Penida

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer