Ayam Mbok Berek Jogja: Warisan Kuliner yang Menggugah Selera

Rini Diana Wati

Ayam Mbok Berek Jogja adalah salah satu warisan kuliner khas Yogyakarta yang telah dikenal luas karena kelezatannya. Berikut adalah artikel terperinci tentang Ayam Mbok Berek Jogja, lengkap dengan informasi tambahan yang relevan.

Sejarah Ayam Mbok Berek

Ayam Mbok Berek memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Nama "Mbok Berek" berasal dari Nini Ronodikromo, yang juga dikenal sebagai Nyi Rame, istri dari Ronopawiro yang lebih sering dipanggil Djakiman. Mereka tinggal di Desa Candisari, Yogyakarta, dan memiliki enam orang anak. Salah satu anak mereka yang sangat rewel dan sering menangis hingga menjerit-jerit (dalam bahasa Jawa: berek-berek) memberikan inspirasi untuk nama tersebut.

Ciri Khas dan Resep Rahasia

Ciri khas dari Ayam Goreng Mbok Berek adalah ayam goreng empuk yang dibalur dengan tepung. Resep rahasia ini didapatkan dari seorang kakek berbaju ungu yang memberikan nasihat kepada Nyi Rame atau Mbok Berek.

Waralaba dan Ekspansi

Waralaba Ayam Goreng Mbok Berek telah tersebar ke berbagai kota di Indonesia, seperti Surabaya, Bandung, Medan, Batam, dan bahkan ke luar negeri seperti Thailand.

Tabel Perbandingan

Berikut adalah tabel perbandingan antara Ayam Mbok Berek Jogja dengan ayam goreng lainnya di Indonesia:

Ciri Ayam Mbok Berek Jogja Ayam Goreng Lainnya
Tekstur Empuk dan dibalur tepung Bervariasi
Rasa Khas dengan resep rahasia Umumnya standar
Waralaba Tersedia di berbagai kota dan negara Terbatas
Sejarah Berawal dari Desa Candisari, Yogyakarta Beragam asal-usul

Kesimpulan

Ayam Mbok Berek Jogja tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari sejarah dan budaya Yogyakarta. Dengan rasa yang unik dan tekstur yang empuk, Ayam Mbok Berek Jogja terus memikat hati pecinta kuliner di seluruh dunia.

BACA JUGA  Batagor: Tahan Berapa Lama?

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi halaman Wikipedia Ayam Goreng Mbok Berek atau situs resmi mereka.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer