Arung Jeram Citarum Bandung: Petualangan Seru di Sungai Legendaris

Hendry Juanda

Arung jeram di Sungai Citarum, Bandung, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pencinta petualangan. Dengan sejarah yang kaya dan pemandangan alam yang memukau, Sungai Citarum menjadi destinasi yang sempurna untuk menguji adrenalin Anda.

Sejarah Singkat Sungai Citarum

Sungai Citarum memiliki peran penting dalam sejarah Jawa Barat. Berawal dari abad ke-5, sungai ini menjadi batas wilayah antara Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sunda/Tarumanegara. Nama ‘Citarum’ berasal dari kata ‘Ci’ yang berarti air dalam Bahasa Sunda, dan ‘Tarum’, tanaman yang menghasilkan warna ungu atau nila.

Lokasi dan Akses

Sungai Citarum terletak di Kampung Cisameng, Bantar Caringin, dengan akses yang mudah dari Jakarta maupun Bandung. Anda dapat mencapai lokasi ini melalui jalur Ciparay atau Pengalengan, dengan masing-masing rute menawarkan keindahan alam yang berbeda.

Pengalaman Arung Jeram

Arung jeram di Sungai Citarum menjanjikan tantangan dengan grade II dan III, cocok untuk pemula maupun penggemar arung jeram berpengalaman. Perjalanan sekitar 9 km ini akan membawa Anda melewati pemandangan alam yang hijau dan segar.

Informasi Penting

Berikut adalah informasi penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai petualangan arung jeram di Sungai Citarum:

Aspek Detail
Titik Awal Kampung Padi, Dago
Durasi 1-2 jam
Jarak Tempuh 4 km
Ketinggian Air Terjun 30 meter
Vegetasi Pohon Loa, bambu, dan lainnya
Pemandangan Bentukan lava, material gunung api
Kebersihan Bebas dari air buangan rumah tangga

Kesimpulan

Arung jeram di Sungai Citarum tidak hanya menawarkan keseruan dan tantangan, tetapi juga pelajaran tentang sejarah dan keindahan alam. Jadi, jika Anda mencari kegiatan yang memacu adrenalin sambil menikmati keindahan alam, Sungai Citarum adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA  Sentul Eco Edu Tourism Forest: A Green Partnership for Conservation and Education

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, Anda bisa mengunjungi Tour Bandung atau Tour Bandung lainnya untuk detail dan pilihan paket wisata.

: Sumber: Tourbandung.com – Update 2024
: Sumber: Tourbandung.id
: Sumber: Ketiknews.id

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer