Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Rini Diana Wati

Sumatera Utara adalah provinsi yang kaya akan budaya dan tradisi, termasuk dalam hal alat musik tradisional. Berikut ini adalah informasi terbaru dan relevan tentang beberapa alat musik tradisional dari Sumatera Utara:

Doli-Doli

Doli-Doli adalah alat musik yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Terbuat dari kayu yang disusun sejajar dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan dua alat pemukul yang juga terbuat dari kayu.

Aramba

Aramba merupakan alat musik yang mirip dengan gong dan berasal dari Nias. Terbuat dari logam, berbentuk bulat dengan bulatan kecil yang menonjol di tengah, dimainkan dengan alat pemukul khusus.

Druri Dana

Druri Dana adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyangkan, mirip dengan angklung dan terbuat dari bambu.

Garantung

Garantung atau Kolintang adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul, memiliki kesamaan dengan doli-doli namun dengan susunan kayu yang lebih banyak.

Gonrang

Gonrang adalah alat musik yang digunakan dalam berbagai upacara adat dan memiliki peran penting dalam kebudayaan Sumatera Utara.

Tabel Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

No Alat Musik Tradisional Asal
1 Doli-Doli Nias
2 Aramba Nias
3 Druri Dana
4 Garantung
5 Gonrang

Untuk informasi lebih lanjut tentang alat musik tradisional Sumatera Utara, Anda dapat mengunjungi sumber berikut.

Alat musik tradisional ini tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya tetapi juga memainkan peran penting dalam mempertahankan dan merayakan identitas budaya Sumatera Utara. Setiap alat musik memiliki cerita dan fungsi unik dalam masyarakat, dari upacara adat hingga pertunjukan seni.

BACA JUGA  10 Kreasi Kuliner Beras yang Menggugah Selera

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer