8 Pantai Terkenal di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Rini Diana Wati

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pantai indah dan menarik untuk dijelajahi. Dari Sabang sampai Merauke, ada berbagai macam pantai yang menawarkan pemandangan alam yang memukau, aktivitas seru yang menyenangkan, dan fasilitas yang lengkap. Beberapa pantai bahkan sudah mendunia karena keunikannya, seperti pantai berpasir pink, pantai yang menjadi habitat komodo, atau pantai yang memiliki cottage di atas air. Ingin tahu apa saja pantai-pantai terkenal di Indonesia yang wajib dikunjungi? Simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah, dan sering disebut sebagai Maldives versi Indonesia. Pasalnya, pantai ini memiliki laut berwarna biru kehijauan yang jernih, pasir putih bersih, dan terumbu karang yang indah. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan snorkeling atau diving. Anda juga bisa menginap di cottage yang dibangun di atas permukaan laut dan merasakan sensasi menginap di tengah laut.

2. Pink Beach, Nusa Tenggara Timur

Pink Beach adalah salah satu dari tujuh pantai berpasir pink di dunia, dan terletak di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Flores. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink yang berasal dari butiran karang merah yang bercampur dengan pasir putih. Lautnya berwarna biru dan jernih, sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang cantik. Di pantai ini, Anda juga bisa melihat komodo, hewan purba yang hanya ada di Indonesia.

BACA JUGA  Lukisan Matahari Terbenam di Pantai

3. Tomini Bay, Sulawesi Utara

Tomini Bay adalah teluk terbesar di Indonesia yang terletak di Sulawesi Utara. Di teluk ini, ada puluhan pulau kecil yang memiliki pantai-pantai eksotis dan sepi. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Pulau Togean, yang merupakan surga bagi para pecinta diving. Di pulau ini, Anda bisa menemukan berbagai macam biota laut, seperti ikan pari manta, hiu paus, penyu, dan ubur-ubur tak beracun. Anda juga bisa menginap di resort yang berada di pinggir pantai atau di rumah panggung di atas laut.

4. Pantai Pasir Timbul, Raja Ampat

Pantai Pasir Timbul adalah salah satu pantai unik yang ada di Raja Ampat, Papua Barat. Pantai ini sebenarnya bukanlah pantai, melainkan gundukan pasir putih yang muncul di tengah laut saat air surut. Pantai ini hanya bisa dinikmati saat pagi atau sore hari, saat air laut sedang surut. Saat air laut pasang, pantai ini akan tenggelam dan tidak terlihat. Di pantai ini, Anda bisa berjalan-jalan di atas pasir putih, berenang di laut biru, atau berfoto dengan latar belakang pulau-pulau karst yang eksotis.

5. Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

Pantai Nihiwatu adalah pantai yang terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, dan merupakan salah satu pantai terbaik di dunia versi majalah Travel + Leisure. Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan cocok untuk surfing. Banyak peselancar profesional yang datang ke pantai ini untuk menaklukkan ombaknya yang mencapai 6 meter. Selain surfing, Anda juga bisa menikmati keindahan alam pantai ini, seperti pasir putih, laut biru, dan tebing hijau. Anda juga bisa menginap di resort mewah yang berada di pinggir pantai dan menawarkan pelayanan yang istimewa.

BACA JUGA  Nama-Nama Pantai di Pulau Jawa yang Wajib Dikunjungi

6. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai. Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah, dengan pasir putih halus, laut biru jernih, dan terumbu karang yang kaya. Di pulau ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti snorkeling, diving, berenang dengan penyu, atau melihat lumba-lumba. Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau lain yang ada di sekitar Pulau Derawan, seperti Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, atau Pulau Kakaban.

7. Pantai Iboih, Pulau Weh, Sabang

Pantai Iboih adalah pantai yang terletak di Pulau Weh, Sabang, Aceh, dan merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, laut biru yang jernih, dan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Di pantai ini, Anda bisa melihat berbagai macam ikan tropis, terumbu karang, bahkan kapal karam yang menjadi rumah bagi biota laut. Anda juga bisa menginap di bungalow yang berada di pinggir pantai atau di atas laut, dan menikmati suasana pantai yang tenang dan damai.

8. Pantai Koka, Flores, Nusa Tenggara Timur

Pantai Koka adalah pantai yang terletak di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, dan merupakan salah satu pantai tersembunyi di Indonesia. Pantai ini memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti teluk yang dibatasi oleh dua bukit hijau. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, laut biru yang jernih, dan ombak yang tenang. Di pantai ini, Anda bisa bersantai di bawah pohon kelapa, berenang di laut, atau mendaki bukit untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Itulah 8 pantai terkenal di Indonesia yang wajib dikunjungi. Pantai-pantai ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya, dan pastinya akan membuat Anda terpesona. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke pantai-pantai ini dan rasakan sensasinya. Selamat berlibur! ๐Ÿ˜Š

BACA JUGA  5 Pantai Terbaik di Banten yang Wajib Dikunjungi

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer